Mencegah penularan virus dari removable disk

Siapa yang nggak bakalan kesal kalau komputernya ketularan dengan virus? Data-data bisa hilang diacak-acaknya. Wuih! Kacau deh! Penularan virus juga gampang banget, dan di jamannya flashdisk, virus makin keranjingan untuk mewabah.
Bagaimana agar komputer kita tidak gampang tertular virus dari removable disk?



1. Jangan terapkan autorun

Kenapa? Karena dengan autorun maka kemungkinan virus menyebar ketika flashdisk dimasukkan ke komputer akan lebih besar. Metode autorun merupakan metode yang paling difavoritkan oleh virus komputer untuk menyebar, untuk me-nonaktifkan-nya dapat kita gunakan group policy
1. Buka run, ketikkan “gpedit.msc”
2. Pilih tab “Local Computer Policy” > “Use
r Configuration” > “Administrative Templates” > “System”
3. Di sebelahnya akan muncul banyak pilihan. Klik dua kali di “Turn off Autoplay”. Ubah menjadi “Enabled”, Pada kotak dropdown “Turn off Autoplay on” pilih : “All drives”
4. klik OK



2. Berhati-hati dalam membuka file dan folder.
Seringkali virus “bersembunyi”, mengubah dirinya menjadi bentuk file yang kita inginkan buka. Dulu saya seringkali salah membuka folder yang padahal adalah virus dengan format scr dan ber-icon-kan folder windows XP, walhasil ntuh komputer menjadi sasaran empuk dari virus tersebut untuk berkembang biak. Salah satu langkah jitu agar tidak salah dalam mengklik file/folder, selalu terapkan melihat folder tersebut dengan tampilan “details”. Pada details akan terlihat bentuk dari suatu jenis file/folder





3. Antivirus
Program yang paling sering dicari dalam proteksi terhadap serangan virus yang paling bagus memang susah dicari. Ada yang gratis ada juga yang berbayar, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Memang, semua antivirus sesuai dengan kebutuhan masing-masing..
Tapi ada satu yang menurutku paling bagus, namanya ANSAV (dapat didownload di www.ansav.com) . Antivirus dengan ukuran kecil ini merupakan program yang powerful banget. Apalagi didukung dengan inovasi pluginnya. Yang paling bagus adalah hidden revealer. Disana kita bisa memunculkan file-file yang mungkin telah dihilangkan oleh virus. Sekali klik, voila! File-file kita muncul kembali!




1 komentar darimu:

Anonim mengatakan...

mksh sobat dah berkunjung... :)

Copyright © 2008 - kompintar - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template